Cara Membuka Partisi Tersembunyi di Windows 7

Written By Web Awang on 3 Jan 2012 | 20.50

Windows 7 dilengkapi dengan proses instalasi yang unik dibandingkan sistem operasi Windows sebelumnya. Selama setup Windows 7 akan membuat satu partisi tersembunyi yang berisi file sistem boot.

Cara Membuka Partisi Tersembunyi di Windows 7 

Windows 7 membuatnya secara default sebelum instalasi dengan ukuran 100 MB pada hard drive. Ini adalah partisi khusus dan sangat penting bagi Windows 7, karena memiliki semua file yang terkait dengan recovery dan booting Windows.
Cara Membuka Partisi Tersembunyi di Windows 7 
Windows tidak memberikan pilihan untuk menghapus partisi ini karena tanpa partisi ini Windows tidak akan bisa booting. Biasanya Windows menyembunyikan drive ini dari explorer komputer Anda, bahkan Anda tidak dapat melihat drive tersembunyi ini dari Folder Option ketika memilih show hidden file.

Tapi kita dapat melihat partisi boot tersembunyi ini melalui diskmgmt.msc dalam Search di menu Start. Untuk mengeksplorasi partisi ini sama seperti pada partisi Windows lainnya kita perlu menggunakan salah satu tool pihak ketiga yang bernama Open Hidden Drive. Ini merupakan aplikasi gratis yang berfungsi untuk mengakses partisi sistem yang bernama “System Reserved” pada Windows 7.

Open Hidden Drive ini portabel jadi Anda tidak perlu menginstal jika ingin menjalankan aplikasi ini. Begitu selesai mengunduh klik dua kali pada file unduhan, maka aplikasi ini akan membuka partisi sistem yang dilindungi.

Ketika Anda akan membuka partisi system reserved maka yang Anda lihat adalah kosong karena secara default semua file dan folder didalamnya di hidden dan diproteksi. Anda perlu menggunakan Folder Option untuk menampilkan semua file dan folder tersembunyi.

Setelah Anda mengatur Folder Option untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi, Anda dapat melihat semua file dan folder yang tersembunyi pada system reserved partition.

Cara Membuka Partisi Tersembunyi di Windows 7 

Akhirnya Anda dapat melihat system reserved partition pada Windows 7. Tapi semua langkah ini hanya untuk tujuan belajar, jangan pernah mencoba untuk menghapus partisi tersembunyi ini dan isinya.

0 komentar:

Posting Komentar